Sangat Inspiratif! Dua Guru SMP DAFI Lahirkan Buku Kearifan Lokal Pertama di Indonesia

by Retizen

Dua Guru SMP DAFI resmi meluncurkan karya Buku Bahasa Inggris Jenjang SMP Kearifan Lokal pertama di Indonesia.

SMP DAFI sangat beruntung memiliki dua guru yang memiliki kemampuan yang luar biasa di bidang literasi. Sekolah yang beralamat di Jalan Putera Bangsa No. 1 Kecamatan Sukodono (Pondok Putra) dan Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Kecamatan Sidoarjo (Pondok Putri) di Kabupaten Sidoarjo ini melahirkan para guru yang berprestasi.

Mereka adalah Muhammad Rukhan Asrori dan Lukman Setiawan. Selain menjadi penulis buku, Ustadz Rukhan dan Ustadz Lukman juga merupakan Calon Guru Penggerak Kemdikbudristek RI Angkatan 9 tahun 2023 ini. Karya mereka telah diluncurkan bersama dua guru dari sekolah negeri yang juga berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Mereka adalah Amaliah, S.S., M.Pd. (Koordinator MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dan Guru bahasa Inggris SMPN 2 Sidoarjo) dan Diah Cahyani (SMPN 1 Sidoarjo). Buku yang ditulis berjudul Wonderful Insight yang telah berhasil terbit dua jenjang kelas yakni Bahasa Inggris Kelas 7 dan 8 SMP.

Karya tersebut ini diterbitkan oleh penerbit skala nasional yakni Penerbit Erlangga. Juara Lomba Cerita Guru Berbagi Praktik Baik Guru Binar dan PMM (Platform Merdeka Mengajar) Tingkat Nasional 2023 Ustadz M. Rukhan Asrori, S.S.,Gr mengaku sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk berkolaborasi dalam menghasilkan karya buku Pelajaran yang sangat bermanfaat bagi para siswa se – Kabupaten Sidoarjo. Beliau menambahkan bahwa ini merupakan karya buku pelajaran pertama kali setelah berhasil melahirkan buku solo dan belasan buku antologi.

Hal senada dari Waka Kesiswaan SMP DAFI Ustadz Lukman Setiawan, S.Pd. yang juga menyampaikan adanya dorongan untuk tertarik menulis buku ini adalah buku bahasa inggris pertama di Indonesia yang memuat kearifan lokal suatu daerah, kebetulan kami mengangkat kearifan lokal Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, buku ini juga disesuaikan dengan implementasi kurikulum merdeka.

Buku Bahasa Inggris kelas 7 SMP memuat terdiri dari tes diagnostik terlebih dahulu, kemudian pada tiap bab disuguhkan elemen listening-speaking, reading-viewing, writing-presenting, mini project, evaluasi dan refleksi diri, tentunya penuh dengan konten bermuatan lokal Kabupaten Sidoarjo seperti lontong kupang, udeng pacul gowang, bandeng dan udang sidoarjo, serta mengaitkan nama-nama daerah di Sidoarjo. Dan buku ini ditulis oleh Ustadz M. Rukhan Asrori, S.S.,Gr dan Lukman Setiawan, S.Pd.

Sedangkan Buku Bahasa Inggris Kelas 8 SMP memuat terdiri dari tes diagnostik, dan ada delapan bab yang disuguhkan dalam karya tersebut yang telah memuat nilai-nilai kearifan lokal juga. Diantaranya adalah bab short message, bab shopping list, bab procedure text, bab greeting card, bab advertisement, bab notice, bab descriptive text dan bab personal experience yang telah ditulis oleh Bu Amaliah, S.S., M.Pd. dan Bu Diah Cahyani, S.Pd.

Menjadi impiannya dalam menulis buku Pelajaran dan karya buku ini yang memuat seluruh kearifan lokal seperti di rumah sendiri. Sehingga ini sangat relevan dengan kehidupan masyarakat kabupaten Sidoarjo, semoga Buku ini menjadi Buku yang bermanfaat bagi seluruh siswa di kabupaten Sidoarjo, Dan menambah sumber belajar bagi guru bahasa inggris di Sidoarjo . Kedepannya, semoga Buku ini juga bisa diadopsi oleh daerah-daerah lain juga, Ungkap Ustadz Lukman.

Kepala SMP DAFI Ustadzah Uswatun Aisah, S.Pi.,S.Pd,.Gr ungkapkan rasa bangganya terhadap dua guru tersebut. Karena mereka telah berhasil menerbitkan buku kearifan lokal pertama kali dengan adanya prakata langsung dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo pada bagian kata pengantarnya.

Harapan beliau adalah semoga mereka tidak berhenti pada satu karya ini, namun harus terus memperbanyak karya dan mengembangkan potensi jenengan untuk para santri kita, dafi kita pada khususnya Dan menebar manfaat bagi seluruh siswa SMP dan sekolah-sekolah se Kabupaten Sidoarjo bahkan sampai ke tingkat nasional. Kami juga berharap dua guru ini mampu menginspirasi dan menularkan kepada guru-guru SMP DAFI lainnya untuk mengembangkan karyanya”, tambahnya.

“Jika anda ingin menjadi bagian dari Keluarga Besar DAFI Pesantren Al Qur’an Science bisa mendaftarkan putra/i anda di tautan berikut psb.dafi.sch.id dan informasi tentang beasiswa bisa anda pelajari di tautan berikut psb.dafi.sch.id/beasiswa.”

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp
Telegram
Twitter
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel & Berita
Menarik Lainnya

Informasi seputar DAFI
  • Semua
  • Artikel
  • Berita
  • Fiqh & Ibadah
  • Kabar Dafi
  • MAIT
  • Pendidikan
  • SMPIT
  • Tahfidzh
  • Teknologi & Sains Qur'an
Semua
  • Semua
  • Artikel
  • Berita
  • Fiqh & Ibadah
  • Kabar Dafi
  • MAIT
  • Pendidikan
  • SMPIT
  • Tahfidzh
  • Teknologi & Sains Qur'an

Usaha dan Tawakkal, Marfu’ah Santri SMP DAFI Khatamkan 30 Juz Al Qur’an

Marfu’ah Alya Hamdani adalah santri kelas 9E yang merupakan santri DAFI ke – 312 yang berhasil menghafalkan 30 Juz Al Qur’an. Motivasi yang dibangun oleh ...
Baca Lanjutannya →

Hafalkan Per kata, Firyal Santri SMP DAFI Taklukkan 30 Juz Al Qur’an

Firyal Nadya Ulya santri putri kelas 9E SMP DAFI ini mengemukakan motivasinya. Firyal meyakini bahwa dengan memiliki khatam di SMP DAFI ini dapat membahagiakan kedua ...
Baca Lanjutannya →

Tebar Dakwah dan Kepemimpinan! DAFI Pesantren Al Qur’an Science Terjunkan 245 Da’i Muda ke Berbagai Daerah

            DAFI Pesantren Al Quran Science sangat memegang visi misinya dalam mencetak generasi Qurani yang tangguh di era globalisasi ini. Pondok Pesantren ini terletak di ...
Baca Lanjutannya →
Scroll to Top