Pengabdian Masyarakat, SMP DAFI Sidoarjo Luncurkan Program ini di Bulan Ramadhan

SMP DAFI (Darul Fikri) Sidoarjo seolah olah tidak kehabisan program-program yang spektakuler. Setelah selesai rangkaian kegiatan Explore with Expert di bulan Januari 2022, disusul Ideas Summit 2022 dan menggelar kegiatan lapangan yang luar biasa Outdoor Learning 2022, dan ditutup dengan acara puncak Super Fest 2022 di lokasi santri putra dan putri berbeda dalam pengembangan potensi santri di bidang enterprenuership.

Kali ini, SMP DAFI Sidoarjo yang beralamat di Jalan Putera Bangsa No. 1 Anggaswangi (sekolah santri putra) dan di Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Sarirogo (sekolah santri putri). Kegiatan ini dinamakan Rihlah Dakwah dengan mengusung tema “Menggapai Berkah dengan Berdakwah” dimana para santri putra dan putri diterjunkan di masjid-masjid atau mushola sekitar Sidoarjo dengan harapan para santri SMP DAFI ini dapat membawa berkah bagi kehidupan masyarakat.

Ustadz Didik Suhartono, Lc. selaku koordinator kegiatan RD (Rihlah Dakwah) santri putra mengatakan bahwa penerjunan para santri telah mendapatkan kesempatan untuk berdakwah di beberapa masjid dan mushola yang telah disepakati bersama oleh masing-masing takmir masjid atau musholla tersebut agar mereka diterima dan bisa mengamalkan ilmu dakwahnya ke anak-anak yang ingin belajar ngaji dengan baik.

Beliau juga bertindak sebagai ketua pelaksana telah memaparkan lokasi-lokasi penerjunan sebagai berikut : SD Nurul Fikri, Masjid Fi Sabilillah, TPQ Saka, Musholla Arrahmah, Musholla luwung, Rumah Al Qur’an, Al-Barakah, TPQ Baitun Nuur (lokasi penerjunan khusus santri putri kelas 9 SMP). Sedangkan santri putra diterjunkan di beberapa lokasi yakni Musholah Baitul Izzah, Masjid Istiqomah, Masjdi ALIKHLAS, Masjid Baitul MUTTAQIN, Masjid Baitul makmur, Masjid Al Aqsha, Masjid ALIKHLAS Anggaswangi, Masjid Annur.

Salah seorang santri putra kelas 9 SMP DAFI tengah menjadi penceramah seusai melaksanakan sholat di salah satu masjid
dalam kegiatan RD (Rihlah Dakwah)

Rihlah Dakwah ini dilaksanakan dari tanggal 04 – 14 April 2022 lalu yang diikuti oleh seluruh santri kelas 9 SMP putra dan putri. Ustadz Didik mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengalaman yang berharga bagi santri2 darul Fikri,serta menjadi santri siap berdakwah dimasyarakat baik dakwah bil lisan ataupun bil hal. Dan beliau juga memaparkan bahwa kegiatan RD (Rihlah Dakwah) pada tahun ini di isi dengan banyak kegiatan diantaranya mengajar TPQ, menjadi imam sholat fardhu atau tarawih, menyampaikan mutiara hadis/kultum, adzan, mengisi pondok romadhon ceria, dan kegiatan positif lainnya.

Para santri putri kelas 9 SMP tengah mengajar ngaji di kalangan anak-anak kecil saat kegiatan RD berlangsung di Masjid Ar Rahma

Seperti dilansir oleh kontributor, selain di lokasi kegiatan santri putra, para santri putri kelas 9 SMP pun turut mendapatkan sorotan yang baik oleh masyarakat sekitar terkait dengan RD ini. Ustadzah Holiyah, S.Pd.I. selaku koordinator kegiatan santri putri pun menjelaskan bahwa motivasi yang dibangun oleh para santri putri dalam melaksanakan RD adalah mengamalkan ilmu yang selama ini dapat di pondok pesantren DAFI (Darul Fikri), serta mereka dapat meraih kebaikan di bulan Ramadhan sehingga menjadi insan yang bermanfaat untuk orang lain. Beliau juga menyampaikan adanya nilai hikmah yang diperoleh oleh para santri putri bahwa mereka dapat memahami masyarakat sekitar Pondok DAFI dan Sidoarjo sekitarnya itu tidak semua sepahaman dengan pemahaman DAFI dan saling belajar antara satu dengan yang lain sehingga tetap terjalin ukhuwah yang positif. Ustadzah Holiyah juga mengatakan bahwa proses kegiatan RD ini sangat menyenangkan bagi santri putri dimana mereka dapat mengajak masyarakat sekitar untuk mengikuti kegiatan, memberi materi yang tidak membosankan, memberi hadiah/apresiasi kepada yang semangat dalam berpartisipasi, memberi yel yel agar tetap semangat dan tidak memaksa dalam menyampaikan materi.

Salah seorang santri putri SMP DAFI tengah berdakwah dalam cerita islami dan berinteraksi dengan anak-anak yang turut hadir
dan belajar mengaji di Masjid Muhajirin.

Kepala SMP DAFI Sidoarjo, Ustadz Basuki Rakhmad, M.Pd. menanggapi kegiatan RD yang berinteraksi dengan masyarakat tersebut bahwasanya kolaborasi ini sangat penting untuk membekali santri siap terjun di masyarakat. Santri adalah bagian dari masyarakat dan pelajaran terpenting dalam hidup adalah bagaimana kita bisa memberikan kontribusi nyata apa yang mereka dapat saat di sekolah. Dan Ustadz Basuki berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin tiap tahun, karena sambutan masyarakat luar biasa dan manfaatnya cukup banyak baik dari santri yang ikut maupun masyarakat.

Ustadz Rukhan Asrori – Guru SMP Dafi

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp
Telegram
Twitter
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel & Berita
Menarik Lainnya

Informasi seputar DAFI
  • Semua
  • Artikel
  • Berita
  • DAFI's Announcement
  • Fiqh & Ibadah
  • Kabar Dafi
  • MAIT
  • Pendidikan
  • SMPIT
  • Tahfidzh
  • Teknologi & Sains Qur'an
Semua
  • Semua
  • Artikel
  • Berita
  • DAFI's Announcement
  • Fiqh & Ibadah
  • Kabar Dafi
  • MAIT
  • Pendidikan
  • SMPIT
  • Tahfidzh
  • Teknologi & Sains Qur'an

Inspiratif! Alumni Hafizah 30 Juz DAFI Pesantren Al Quran Science Sukses Tembus Negeri Kanguru

Adissya Elma Fitriyah adalah seorang mahasiswi dari salah satu kampus negeri di Surabaya yakni Universitas Negeri Surabaya telah sukses menembus luar negeri. Alumni yang berasal ...
Baca Lanjutannya →

SURAT PEMBERITAHUAN BUKU SMP & MA DAFI PESANTREN AL QURAN SCIENCE TAHUN AJARAN BARU 2024 – 2025

Baca Lanjutannya →

JOB VACANCY DAFI PESANTREN AL QURAN SCIENCE SIDOARJO

DAFI Pesantren Al Qur’an Science Sidoarjo membuka lowongan kerja dengan posisi sebagai berikut : Persyaratan Umum : Kirimkan CV dan Berkas Lamaran ke : darulfikrihrd@gmail.com ...
Baca Lanjutannya →
Scroll to Top