Terus Belajar! Parenting Series Pesantren Dafi Bersama Aa Gym

0
15
aa-gym-ngaji-di-dafi

republika.co.id. DAFI Pesantren Al Qur’an Science yang beralamat di Jalan Sarirogo dan Anggaswangi, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ini tengah gencar melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah kegiatan webinar yang mengangkat tema parenting series di bulan September ini.

Kegiatan parenting series merupakan program bulanan yang diselenggarakan oleh DAFI Pesantren Al Qur’an Science dengan mengundang para wali santri untuk bersama sama mencari ilmu yang bermanfaat. Acara spektakuler ini diikuti oleh ratusan wali santri yang dilaksanakan pada hari Jumat (17/9) kemarin. Tema Webinar yang diangkat adalah “Jadilah Sahabat yang Melindungi” dengan menghadirkan seorang pendakwah terkenal yakni KH. Abdullah Gymnastiar, dan acara ini telah berlangsung dari pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Gemuruh Webinar ini sangat elegan dibawakan oleh Ustadz Rijal Mujahidin Al Hafidz dimana acara dilanjutkan dengan lantunan merdu Tasmik Al Qur’an yang dibawakan oleh salah satu santri MA DAFI Pesantren Al Qur’an Science, ananda Muhammad Zulfa Fadhil. Kemudian diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh segenap jajaran pengurus yayasan, para ustadz ustadzah guru SMP maupun MA DAFI Pesantren Al Qur’an Science serta ratusan wali santri melalui zoom meeting. Selain itu acara ini dihadiri oleh keluarga besar SD Muhammadiyah 2 Tulangan, Sidoarjo dan DQ (Dompet Qur’an) sehingga acara ini semakin meriah.

Acara dimulai dengan sambutan yang begitu menyentuh oleh Ustadz Dr. Shobikhul Qisom, M.Pd selaku Ketua Yayasan DAFI Pesantren Al Qur’an Science. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa syukur tak terhingga kepada seluruh wali santri yang telah hadir mencapai ratusan peserta ini. Ustadz Shobi menambahkan, “Insya Allah semoga majelis ini diridhoi Allah SWT dan penuh dengan keberkahan yakni berkumpul dengan orang Sholeh serta Syurga menjadi tempat khusus bagi orang-orang Sholeh ini”.

Dalam kesempatan ini, seperti yang dilansir oleh kontributor, Ustadz Rijal selaku pembawa acara langsung memperkenalkan narasumber yang tak asing lagi dan sudah dikenal oleh lapisan masyarakat yakni Ustadz KH. Abdullah Gymnastiar yang biasa disapa dengan sebutan “Aa Gym” yang juga merupakan pengasuh PP (Pondok Pesantren) Darut Tauhid Bandung Jawa Barat. Dalam sesi parenting kali ini, Aa Gym menyampaikan bagaimana cara orang tua mendidik dan menjadi sahabat anak itu harus berawal dari perilaku orang tuanya sendiri. Ada lima hal yang disampaikan yakni :

1. Ubah diri dahulu sebagai orang tua, maka anak akan berubah

2. Perbanyak taubat kepada Allah SWT jika banyak salah dalam mendidik anak

3. Jauhi Maksiat mata, telinga dan mulut sehingga tidak bersikap baik kepada anak

4. Tingkatkan Ketaatan kepada Allah SWT akan membentuk emosi yang baik dalam mendidik anak

5. Selalu menebar manfaat sehingga anak akan mengikuti perilaku yang bermanfaat juga

Dalam analogi, Ustadz Aa Gym menggambarkan dengan sebuah tayangan antara seorang Ibu yang berhasil menyelematkan seekor Singa enam tahun lalu. Setelah waktu berlalu, dipertemukan kembali di lokasi kebun binatang di kota di Amerika Serikat. Apa yang terjadi ? Justru seekor Singa yang tumbuh besar dan terlihat ganas bisa memeluk seorang Ibu yang dulu pernah menyelematkannya. Kisah ini sangat mengharukan sekaligus bisa menjadi gambaran betapa nyata kasih sayang dan keikhlasan itu bisa terlihat pada seorang Ibu penyelamatnya dengan seekor Singa saat itu.

Dan, Aa Gym menyampaikan dalam pemaparannya dengan jelas bahwa kasih sayang dan keikhlasan yang ditunjukkan seekor Singa kepada penyelamatnya saja bisa terwujud, apalagi kita sebagai orang tua kepada anaknya. Hal itu akan mengantarkan anak kita untuk lebih mudah mencintai Al Qur’an, sehingga anak kita akan menikmati hafalan Al Qur’an dengan hati yang senang dan bahagia tanpa ada paksaan maupun bernuansa horor bagi mereka. Pernyataan ini akhirnya menuai beragam pertanyaan yang muncul dari beberapa wali santri dengan penuh antusias. Akhirnya seluruh pertanyaan dapat dijawab dengan jelas oleh Aa Gym dan bisa melegakan para wali santri yang hadir.

Harapan yang disampaikan tak luput dari seorang Aa Gym kepada seluruh peserta zoom yang hadir bahwa esensi mendidik anak itu adalah harus penuh kasih cinta dan ikhlas. Sehingga besar asa orang tua kepada anak dalam menghafal Al Qur’an pun bisa terwujud yang akan bisa membentuk kepribadian mereka menjadi seorang insan yang berilmu dan berakhlak mulia. Dan tidak ketinggalan, SD Muhammadiyah 2 Tulangan juga memberikan tanggapan luar biasa terselenggaranya acara ini melalui Ibu Kepala Sekolah Widyaningrum, S.E. Beliau ikut memberikan komentar bahwa pematerinya serta materi yang dibawakan luar biasa bagus sampai menyentuh hati. Terima kasih, imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here