Spektakuler! DAFI Al Qur’an Science Gelar Upacara Hari Pahlawan Akbar di Tiga Wilayah

0
10

Ada sebuah kegiatan sangat spesial disajikan oleh DAFI (Darul Fikri) Al Qur’an Science di Kabupaten Sidoarjo. Hari ini (10/11) tepat di hari yang bersejarah, seluruh santri SMP – MA DAFI Sidoarjo menyelenggarakan sebuah Upacara dalam memperingati peristiwa hari terjadinya pertempuran arek-arek Suroboyo sekitarnya melawan dan mengusir penjajah Belanda yang ingin menduduki Kota Surabaya dan menguasai daerah-daerah sekitarnya dalam rangka melancarkan penjajahan global.

Pihak Kesiswaan SMP – MA DAFI Al Qur’an Science di Wilayah Anggaswangi, Ustadz Khafidz Ardiansyah, S.Pd (Waka Kesiswaan MA) dan Ustadz Lukman Setiawan, S.Pd (Waka Kesiswaan SMP) telah berkoordinasi dalam melangsungkan kepada seluruh petugas upacara dengan sangat baik. Lalu, Hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh Sekolah DAFI Al Qur’an Science di Jalan Putera Bangsa Anggaswangi dan Sarirogo Kabupaten Sidoarjo ini berjalan dengan sukses oleh seluruh santri SMP – MA DAFI Sidoarjo.

Sedangkan penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan bagi santri putri juga sukses dilaksanakan yang dikomandani oleh Koordinator Kesiswaan Ustadzah Tirta Sari MegaHari, S.Pd (SMP DAFI Sidoarjo) dan Ustadzah Fiantinalah, S.Pd. (MA DAFI Sidoarjo) dan dijalankan oleh seluruh santri putri di DAFI Wilayah Sarirogo Kabupaten Sidoarjo. Kemudian tak ketinggalan, pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan juga dilaksanakan oleh sekolah DAFI di Pacet – Mojokerto yang berlangsung sangat lancar.

Suasana Upacara Hari Pahlawan di Sekolah DAFI Wilayah Pacet – Mojokerto

Seperti yang dilansir oleh kontributor Retizen Republika.co.id, khususnya di sekolah DAFI Al Qur’an Science Wilayah Anggaswangi Kabupaten Sidoarjo yakni para santri putra sangat antusias dalam melaksanakan dengan penuh semangat. Hal ini terlihat dari ratusan santri putra bersigap berbaris dengan sangat rapi dimana para santri putra yang bertindak sebagai pengurus OSIDAFI (OSIS Darul Fikri Sidoarjo) telah membantu mensukseskan jalannya upacara. Sedangkan di sekolah DAFI Al Qur’an Science Wilayah Sarirogo juga berjalan dengan sangat baik saat melaksanakan kegiatan upacara hari ini.

Dalam amanat Pembina Upacara yang kali ini dibawakan spesial oleh Ustadz Saifuddin Yahya, Lc. Beliau menyampaikan empat poin utama dalam meneladani bagaimana menjadi seorang pahlawan dan disebut sebagai pahlawan masa kini menurut Islam adalah :

1. Harus Menjadi Orang Muslim

2. Mengutamakan Kepentingan Orang Lain daripada Kepentingan Pribadi

3. Memberikan Porsi Lebih (Ihsan) dalam hal apapun bersifat positif.

4. Memiliki Keistimewaan atau Kelebihan daripada yang lain.

Hal ini ditanggapi dengan penuh khidmat oleh para peserta upacara yakni para santri putra dalam menyaksikan penyampaian penting dan memaknai menjadi seorang pahlawan. Ustadz Saif (panggilan akrab) mengatakan bahwa, “Ayah kita juga Pahlawan karena beliau rela berjuang demi menafkahi keluarga”. Kemudian, “ada para ustadz yang telah membekali ilmu agama dan pengetahuan merupakan jasa yang tidak bisa dilupakan sampai akhir hayat”.

Sedangkan di sekolah DAFI Wilayah Sarirogo yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ustadz Angga Wahyu Wardhana, S.S. Beliau juga menyampaikan amanah yang begitu berkesan, “Jangan mengandalkan apa yang ada di dunia dan selalu mengembangkan bakat serta minat untuk meraih cita-cita sedari dini karena DAFI Al Qur’an Science ini adalah pondok tahfidz, dan harapannya semua santri setelah meninggalkan DAFI dapat menghafal 30 juz dan tetap rajin melakukan muroja’ah hafalannya. Dengan cita-cita yang matang sedari dini, diharapkan semua santri dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai dengan harapan masing-masing”. Ustadz Angga juga menyebutkan bahwa setiap orang harus punya visi dan misi hidup, termasuk santri DAFI juga harus memilikinya sehingga menjadi bekal dan tidak mudah dipengaruhi oleh atmosfer lingkungan yang begitu mengglobal, dan para santri harus bisa memberikan pengaruh positif pada lingkungan. Dan beliau menyertakan kata-kata akhir bahwa adanya pahlawan dahulu, visi dan misi mereka adalah menumpas penjajahan sehingga bisa fokus mengusir penjajah dan tidak terseret alur kehidupan penjajah.

Situasi Upacara Hari Pahlawan di Sekolah DAFI Wilayah Sarirogo Kabupaten Sidoarjo (Santri Putri)

Harapannya setelah penyelenggaraan upacara Hari Pahlawan 10 November ini menjadi momentum bagi para santri menjadi seorang insan yang memiliki sifat-sifat kepahlawanan di era globalisasi ini dan bisa memberikan kebermanfaatan lebih kepada orang lain dimanapun nantinya mereka akan berjuang sebagai Duta DAFI Al Qur’an Science dan siap terjun ke kehidupan masyarakat serta memiliki peran-peran penting dalam memberikan arti sebuah manfaat yang positif bagi kehidupan sehingga mampu memberikan energi-energi positif dimanapun mereka berada sesuai dengan cita-cita mereka dalam meraih mimpi-mimpinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here