Pakaian Tari Saman – Aceh

0
2330

Aceh adalah provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia. Aceh adalah tempat dimulainya persebaran Islam di Indonesia. Aceh juga memiliki peran penting dalam persebaran Islam di Asia tenggara. Berdasarkan fakta sejarah, kesultanan Aceh pernah menjadi kerajaan terkaya, terkuat, dan termakmur di kawasan Selat Malaka.

Dalam hal budaya, di Aceh terdapat tari yang sangat terkenal, Tari Saman dari suku Gayo. Tarian ini ditampilkan untuk merayakan peristiwa – peristiwa penting dalam adat. Tari Saman menggunakan bahasa gayo dalam syair tariannya. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Pakaian adat Tari Saman terbagi menjadi tiga yaitu bagian Kepala berupa teleng bulung atau tengkuluk kain kotak hitam dasar yang disulam dengan benang seperti baju, bagian gaun pokok berupa kerawang (black dress dasar, benang bordir putih, hijau dan merah, dengan pinggang border bagian kedawek dan kekait ke gaun pendek), dan bagian tangan berupa topeng gelang dan saputangan.

Tari saman biasanya dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut syekh. Penari saman dan syekh harus bisa bekerja sama dengan baik agar tercipta gerakan yang kompak dan hamonis dipadu dengan pakaian yang menakjubkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here