Pakaian Adat Suku Dayak Ngaju – Kalimantan Tengah

0
2335

 

Diantara lebatnya hutan tropis Pulau Borneo hiduplah Suku Dayak Ngaju di wilayah kalimantan Tengah. Suku ini merupakan merupakan sub etnis dayak terbesar di Kalimantan tengah yang persebarannya cukup luas yang meliputi daerah Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan.

Suku Dayak Ngaju terkenal dengan kekayaan budaya seperti seni musik dan tari – tarian berbentuk teatrikal. Dalam hal pakaian adat Suku Dayak Ngaju memiliki baju tradisional khas yang digunakan untuk acara-acara adat bernama Baju Adat Ngaju.

Pakaian adat yang biasa digunakan oleh kaum laki-laki Suku Ngaju yaitu rompi dan kain penutup pada bagian bawah. Pakaian penutup bagian bawah Suku Ngaju hanya sebatas lutut saja. Selain itu, ada juga ikat kepala yang dihiasi dengan bulu enggang, kalung maink-manik, ikat pinggang, dan juga gelang tangan. Selain itu pakaian Adat Ngaju juga dilengkapi dengan mandau di pinggang dan tameng dari kayu.

Pakaian ini merupakai pakaian adat yang memadukan antara khasanah kecintaan pada alam dan kegagahan pribadi Suku Dayak Ngaju. Sangat cocok dengan visi Darul Fikri yang Islam Nasionalis yang cinta alam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here