DAFI Al Qur’an Science Luncurkan Super Santri Penggerak 2021

0
33

DAFI Al Qur’an Science hari ini (20/11) telah menjadi hari bersejarah bagi seluruh elemennya. Seluruh jajaran pengurus yayasan, para pimpinan sekolah, jajaran dewan guru serta para santrinya telah resmi dilantik secara simbolis menjadi agen perubahan dalam menjalankan misi STOP BULLYING.

Seperti yang dilansir kontributor retizen republika.co.id, acara ini dilaksanakan dengan sukses di DAFI Anggaswangi Kabupaten Sidoarjo dengan serangkaian kegiatan yang telah disusun dengan rapi dan baik. Selain itu, DAFI Al Qur’an Science ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan khusus dari Kemenag Kabupaten Sidoarjo dan Dinas P3AKB (Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana) Kabupaten Sidoarjo. Sungguh luar biasa acara ini bisa berjalan dengan sangat elegan.

Acara ini langsung dikomandani oleh para super santri yang sangat serius mensukseskan dan sekaligus ditangani secara profesional oleh mereka. Ada yang menjadi MC (Master of Ceremony), ada yang menjadi pengisi acara seperti penampilan pembacaan puisi, penampilan berpantun, penampilan drama bahkan ada penampilan nasyid. Tak tanggung-tanggung, sebagian besar super santri ini seolah tidak ada rasa lelah, padahal mereka baru saja menjalani kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) OSIS DAFI Al Qur’an Science selama tiga hari berturut turut.

Sambutan pertama datang langsung dari Bapak Dr. Drs. H. Amir Sholehuddin, M.Pd.I selaku tamu khusus dari Kementerian Agama RI Kabupaten Sidoarjo. Beliau menyampaikan ada tiga prinsip utama yang harus dimiliki oleh super santri, yakni harus ikhlas dan ridho, disiplin, dan jangan jajan di luar serta jangan merokok. Sebagai tambahan dalam sambutannya, ada empat kegiatan santri yang juga harus dikembangkan dengan pesat, diantaranya : Super Santri harus memiliki hafalan Al Qur’an dan Hadist, Super Santri memiliki kemampuan berbahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), Super Santri menguasai dunia enterprenuership (Pendidikan Kewirausahaan, Kemandirian, dan Kepemimpinan), Super Santri menguasai Literasi Berbahasa Arab / Inggris dan dibiasakan untuk berkomunikasi bahasa asing tersebut.

Terlihat Dr. Drs. H. Amir Sholehuddin, M.Pd.I tengan memberikan sambutan pada acara puncak super santri 2021 di DAFI Anggaswangi Sidoarjo.

Selanjutnya sambutan berikutnya yang tak kalah menariknya dari Ustadz Agus Hariadi, S.Pd.I Al Hafizh. Beliau menyampaikan esensi dari Visi DAFI Al Qur’an Science “Terwujudnya Generasi Pemimpin Indonesia; Hafal Al Qur’an, berjiwa nasionalis, dan berkompetisi global”. Dalam penjelasannya, beliau menegaskan kepada seluruh peserta santri dan para super santri terpilih ini agar tetap menjaga komitmen hidup yang dijalankan hingga saat ini di lingkungan sekolah DAFI Al Qur’an Science ini dengan memenuhi indikator visi pesantren diantaranya, menjadi pemimpin Indonesia, menjadi Penghafal Al Qur’an, Berjiwa Nasionalis, Kompetensi Global. Hal – hal ini sangat penting agar para santri bisa tetap mengamalkan ilmu yang telah dipelajari, dikaji dan diresapi agar tetap menjadi insan yang menginspirasi, memiliki peran besar di kancah global nantinya.

Ustadz Agus Hariadi, S.Pd.I. Al Hafizh selaku Direktur DAFI Al Qur’an Science tengah memberikan sambutan pada acara puncak super santri 2021.

Dan, pada sambutan ketiga juga sangat elegan dibawakan oleh salah satu pejabat dari Dinas P3KAB ini yakni Ibu Ritz Noor, S.Sos yang juga selaku Kasi PHP dan PKA. Beliau menjadi tamu khusus dalam acara puncak dan launching program super santri pada hari ini. Beliau menyampaikan adanya undang-undang sudah ada untuk perlindungan pada anak. Tujuan diberlakukan undang-undang ini adalah untuk mencegah adanya perundungan (bullying), tindakan diskriminasi, serta tindakan bentuk kekerasan yang kerap kali sering dialami sebagian besar para pelajar di lingkungan pesantren, imbuhnya. Ibu Ritz juga menambahkan bahwa apabila ada kasus apapun yang berhubungan tindakan kekerasan pada anak bisa dilaporkan ke Dinas P3AKB tersebut. Dalam mencapai visi dan misi menjadikan Sekolah Ramah Anak dan Menjadi Anak 2P (Pelapor dan Pelopor) bisa menjadi bahan pertimbangan penting bagi seluruh sekolah di Kabupaten Sidoarjo, termasuk sekolah DAFI Al Qur’an Science yang merupakan sekolahnya para penghafal Al Qur’an dan Berprestasi yang diraih banyak oleh para santrinya. Jadi beliau berharap kejadian perundungan tidak akan terjadi di DAFI Al Qur’an Science dan bisa menjadi sekolah barometer agen perubahan super santri.

Ibu Ritz Noor, S.Sos (Kasi PHP & PKA Dinas P3AKB) tengah menanyakan feed back pelatihan super santri terhadap perwakilan super santri tadi siang (20/11).

Pada acara selanjutnya disempurnakan dengan penampilan-penampilan yang luar biasa oleh para super santri. Selain penampilan dalam pentas seni di bidang pantun, puisi dan drama serta Nasyid. Para super santri yang dikomandani oleh Ali santri kelas XII MA DAFI Sidoarjo membacakan deklarasi super santri di hadapan ratusan peserta santri lainnya. Semoga dengan adanya peluncuran super santri yang secara sah diresmikan bersama dengan adanya penandatanganan oleh Kementerian Agama RI Kabupaten Sidoarjo, Dinas P3AKB (Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana) Kab. Sidoarjo, Kepala SMPIT DAFI Sidoarjo, Kepala MAIT DAFI Sidoarjo, dan Kepala Kepengasuhan SMP-MA DAFI Sidoarjo. Tanda tangan dari lima pimpinan dari lembaga berbeda ini juga dilengkapi dengan aksi tanda tangan deklarasi dari 40 super santri.

Luar Biasa! Satu kata untuk DAFI Al Qur’an Science dalam melahirkan 40 Generasi Super Santri yang menjadi uswatun nantinya bagi para santri lain yang jumlahnya capai ratusan santri di sekolah Anggaswangi Kabupaten Sidoarjo dan harapannya bisa menjadi Generasi Mercusuar seterusnya dan akan memberikan efek positif secara global bagi keberlangsungan sekolah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here