A LONG TIME JOURNEY BY A BOOK

0
141

Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya “Kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual.Oleh karenya gerakan literasi harus terus menerus dilakukan terutama oleh para siswa demi menumbuhkan sikap budi pekerti luhur kepada anak-anak melalui Bahasa.

Literasi sendiri pada umumnya diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis yang kemudian berkembang menjadi berbagai fungsi dan keterampilan hidup.

Demi meningkatkan kapasitas dan kualitas para santri,SMPIT  Darul Fikri Sidoarjo mengadakan program baru “Literasi Challenge 4.0” bertajuk MAP YOUR BOOK( A LONG TIME JOURNEY BY A )BOOK.Program baru ini ditujukan untuk seluruh santri SMPIT Darul Fikri Sidoarjo mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 yang dilaksanakan mulai tanggal 16 oktober  sampai dengan tanggal 31 oktober 2020.

Program ini dimulai pada tanggal 16 oktober 2020 dengan pengarahan yang disampaikan oleh wali kelas masing-masing kepada para santri tentang seperti apa dan bagaimana program ini berlangsung.

Dalam program ini disamping para santri dituntut untuk memperbanyak membaca buku,mereka juga dibekali tentang bagaimana cara membaca cepat dan bagaimana cara mudah membuat mind mapping 1 buku menjadi 1 lembar.Hal ini bertujuan agar para santri dapat membuat ringkasan dalam bentuk mind mapping dari buku yang telah mereka baca,seperti yang disampaikan oleh kepala SMPIT Darul Fikri Sidoarjo Ust Basuki Rahmad ,M.Pd dalam kesempatan wawancara “Program ini bertujuan untuk mengaktifkan gerakan literasi dengan membaca 1 buku yang belum pernah di baca dengan syarat buku tersebut memiliki hikmah yang dapat diambil dan membuatnya menjadi mind mapp 1 lembar agar isi buku tersebut tetap teringat sampai kapan pun” ujar Beliau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here